Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Tubuh

Kandungan vitamin dan khasiat buah kiwi cara mengolah buah kiwiYang suka mengkonsumsi buah-buahan, perlu anda coba buah kiwi karena buah kiwi telah teruji mempunyai banyak manfaatnya bagi tuguh kita. Si Copas telah mencari info mengenai Manfaat dan khasiat buah kiwi, hasil penelitian University of Otago, Selandia Baru menunjukkan vitamin C pada buah kiwi terbukti lima kali lebih efektif diserap oleh tubuh dibandingkan vitamin C dari suplemen.

Buah Kiwi memiliki kandungan buah vitamin C berkadar tinggi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang berasal dari Selandia Baru yang ternyata mempunyai manfaat besar untuk tubuh.

Peneliti Health Science Zespri Internasional dari Selandia Baru, Lynley Drummond mengatakan buah kiwi sarat gizi. Bermanfaat sebagai sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi.

"Buah ini juga sarat phytonutrients yang baik bagi kesehatan, karena akan menghasilkan polyphenols sebagai antioksidan bagi tubuh, enzim untuk pencernaan dan karotenoids yang bermanfaat sebagai antioksidan dan kesehatan mata," katanya.

Selain itu, menurut dia, buah kiwi menyediakan gizi paling banyak dengan kalori sedikit jika dibandingkan dengan jeruk, pisang dan apel.

"Karena itu buah kiwi merupakan salah satu pilihan untuk orang-orang yang sedang berdiet," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Dokter Spesialis Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Inge Permadhi MS, SpGK yang mengatakan, buah kiwi merupakan sumber air dan elektrolit, energi, vitamin dan antioksidan.

"Sekitar 70 persen tubuh manusia mengandung air. Jika tiba-tiba diare, maka bagian tubuh yang berisiko adalah gagal ginjal. Terutama pada orang lanjut usia, juga saat mengalami muntah," kata Inge Permadhi .

"Satu buah kiwi mengandung serat empat gram. Maka harus makan sekitar delapan buah untuk memenuhi kebutuhan serat 30 gram," papar Inge.

Segera hamil Sementara itu , dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Fiastuti Witjaksono MS, Sp. GK di Jakarta mengatakan, mengonsumi buah kiwi Zespri patut dijadikan pertimbangan bagi seorang wanita yang ingin segera hamil.

Fiastuti Witjaksono memberikan alasan vitamin C pada kiwi adalah dua kali lipat dari jeruk dan lima kali lebih banyak dari apel.

Unsur Buah-buah yang mengandung vitamin C kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil dengan mudah, katanya.

Asam Folat itu bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil dan memiliki "glycaemic indeks" yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes, tambahnya.

Vitamin C itu dibutuhkan wanita di usia 19-30 tahun untuk batas normal 45 mg per hari, kehamilan membutuhkan 60 mg per hari dan menyusui sebanyak 85 miligram per hari.

Vitamin merupakan suatu molekul yang sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal.

Karena itu, peran vitamin C sangat besar dalam tubuh sebagai antioksidan dan kofaktor dalam pembentukan kolagen dan hormon. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah berbagai penyakit.

Buah-buahan bagi manusia merupakan kebutuhan primer karena tanpa buah maka asupan yang diterima tubuh kurang mendukung pertumbuhannya,tuturnya.

Dokter Fiastuti Witjaksono mengatakan mengonsumsi buah kiwi itu maka calon ibu itu akan mendapatkan vitamin C dengan kadar yang efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan stres dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, menurut dia, seorang wanita calon ibu juga akan mendapatkan serat dengan kadar yang efektif untuk menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung dan pencernaan , serta kadar gula rendah, ucapnya.

70 negara Agar dikenal masyarakat, maka perusahaan Selandia Baru,Zespri international, telah memasarkan buah Kiwi Zespri ke lebih dari 70 negara setiap tahunnya.

Dokter spesialis gizi itu mengatakan, buah kiwi Zespri juga kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil.

Asam Folat itu bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil dan memiliki "glycaemic indeks" yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes, katanya.

Fiastuti Witjaksono, menjelaskan, vitamin C merupakan vitamin yang paling mudah rusak, dan juga mudah teroksidasi dan proses tersebut dipercepat oleh panas, sinar, alkali, enzim dan oksidator serta katalis tembaga dan besi.

Karena itu, lanjut dia peran vitamin C sangat besar dalam tubuh sebagai antioksidan dan kofaktor dalam pembentukan kolagen dan hormon.

Selain itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh untuk mencegah berbagai penyakit, ujar Fiastuti.

Kadar vitamin C, menurut dia di tubuh sangat cepat menurun, mudah hilang dari jaringan yang dibayangkan sebelumnya.

Walaupun gejala kekurangan vitamin C tidak terlihat, mengonsumsi buah yang merupakan sumber vitaman C sangat penting, ucapnya.

Ia mengatakan, vitamin C yang dikandung buah kiwi itu dibanding buah-buahan lainnya seperti jeruk, dua kali lebih tinggi dengan perbanding berat gram yang sama.

Kiwi itu, lanjut dia , merupakan salah satu jenis buah yang terbukti memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dengan mengonsumsi dua buah kiwi sehari saja sudah mencukupi lebih dari kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa.

Hasil studi buah kiwi yang mengandung vitamin C juga telah dipublikasikan di American Journal of Clinial Nutrition, katanya.

Sementara itu ,Regional Marketing Manager- Southeast/South Asia,Zespri Judy Lee mengatakan, setiap tahun Zespri international konsisten mengadakan riset untuk mengembangkan kualitas buah kiwi Zespri.

"Tahun ini kami menyambut baik suatu uji para klinis yang diadakan oleh University of Otago dengan menggunakan vitamin C dari buah kiwi Zespri pada riset ini," katanya.

Hasil riset tersebut, menurut dia tentunya menjadi bekal perusahaan untuk meningkatkan penjualan buah kiwi Zespri di Indonesia pada tahun ini, katanya.

Penjualan naik Manajer Pengembangan Pemasaran, Yuyuh Sukmana juga mengatakan, penjualan buah kiwi 2010 mencapai 1,5 juta ton naik dibanding tahun 2009.

"Kami targetkan 2011 buah itu bisa terjual sebanyak 2,45 juta ton, "ujarnya.

Menurut dia, buah kiwi saat ini sangat diminati konsumen Indonesia, apalagi ekonomi nasional makin tumbuh sehingga permintaan akan buah tersebut akan makin besar.

"Kami optimis permintaan pasar akan terus berkembang melihat jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar," ucapnya.

Pasar Indonesia memiliki potensi untuk menyerap lebih besar kebutuhan buah kiwi, karena jumlah penduduk yang terus meningkat dan ekonomi nasional yang semakin tumbuh.

Indonesia pada 2010 membutuhkan buah kiwi sekitar 17 persen naik dibanding tahun 2009 yang hanya sekitar 14 persen dari total produksi buah kiwi, kata Manajer Pengembangan Pasar Zespri untuk Indonesia, Yuyuh Sukmana.

Yuyuh Sukmana mengatakan, penjualan buah kiwi pada 2010 mencapai 1,5 juta ton naik dibanding penjualan tahun lalu.

"Kami menargetkan penjualan buah itu meningkat mencapai 2,45 juta ton," katanya.

Untuk bisa mencapai target tersebut, menurut dia, Zespri melakukan program edukasi kepada masyarakat dan menggandeng media dalam pelaksanaan program tersebut.

Perusahaan juga menargetkan area produksi di kawasan seluruh Jawa, Bali dan sebagian Sumatera khususnya Sumatera Utara sebagai area distribusi buah kiwi Zespri, ucapnya.

Pada 2010, ia mengatakan penjualan buah kiwi untuk negara-negara Asia seperti Malaysia merupakan penjualan tertinggi mencapai 36 persen, Singapura 26 persen, Indonesia 17 persen, Thailand hanya 12 persen, Vietnam empat persen, dan Filipina empat persen.

Karena itu, Indonesia berpeluang untuk bisa menduduki posisi pertama menggeser Malaysia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap buah kiwi itu mengingat besarnya jumlah penduduknya, katanya.

Menurut dia, untuk bisa meningkatkan produksi buah kiwi Zespri akan menambah dana investasi dua kali lipat menjadi 2,5 miliar dolar AS sampai 2025.

Buah kiwi semula dikenal sebagai Chinese Gooseberry yang dibawa ke Selandia Baru oleh seorang guru yang saat ini menjadi unggulan negara tersebut, katanya.
Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Tubuh 4.5 5 Admin Blog Rabu, 21 September 2011 Yang suka mengkonsumsi buah-buahan, perlu anda coba buah kiwi karena buah kiwi telah teruji mempunyai banyak manfaatnya bagi tuguh kita. Si ...


On : Rabu, 21 September 2011,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

Saya adalah Admin Blog penulis Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Tubuh di Si Copas Blog. Jika Artikel ini menarik silahkan Anda bagikan ke teman dan saudara Anda agar tahu info ini. Atau kalau mau pasang iklan, hubungi kami ya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar