Backdoor Account di Modem Speedy

Setting modem speedy memilih modem speedy bagus cara backdoor modemBagi kamu yang internetnya pakai speedy, perlu diwaspadai adanya backdoor. saya menemukan artikel keren, diartikel itu disebutkan adanya account yang terpasang diseluruh modem Speedy berlogo “T****m *n******a”. Setelah saya scan, ada ratusan bahkan ribuan pengguna modem speedy yang online dengan backdoor ini.

Untuk mengecek modem speedy Anda berlogo atau bukan bisa masuk web administrasinya atau untuk merk TP-Link bisa ke

http://ip-modem-anda/Images/tb3.gif

untuk jenis lain saya akan update. Umumnya Modem TP-Link yang paling banyak digunakan dari hasil scanning saya. Jika muncul logo “T****m *n******a”, hampir dipastikan ada account backdoor yang bisa memasuki sistem modem Anda.

Account backdoor tidak dapat dilihat atau dihapus dari Web Administrasi Modem. Tetapi account backdoor ini bisa login via Web Administrasi Modem (HTTP), FTP maupun Telnet.

Apa akibat dari adanya account backdoor ini? Selain dapat melihat/merubah/menghapus account (user/password) Speedy (@telkom.net @*.edu.net), si pemilik backdoor atau yang mengetahui juga dapat membelokkan komunikasi setiap pengguna yang terhubung melalui modem tersebut. Dengan teknik filter/nat atau dengan DNS Attack (merubah IP DNS ke server DNS penyerang). Bayangkan jika semua pengguna speedy dengan modem ini dibelokkan komunikasinya atau bahkan disadap untuk kepentingan segelintir. Pasti akan banyak korban-korban cybercrime baru bermunculan

Ada juga yang menginformasikan kepada saya bahwa pihak Telkom memesan modem ini dari pihak ketiga yang berasal dari China. Jadi wajar muncul kecurigaan klo ini ulah pihak ketiga untuk memata-matain pengguna internet di Indonesia. Saya masih menunggu jawaban pasti dari pihak telkom, karena saya sudah menginformasikan permasalahan ini kepada mereka beberapa waktu lalu. Semoga mereka (pihak telkom) dapat segera mengambil tindakan untuk mencegah disalahgunakannya akses internet via Modem Speedy tersebut.

Beberapa pilihan cara antisipasi Account Backdoor ini antara lain (bisa salah satu):

  1. Tidak mengaktifkan remote login pada modem baik HTTP/TELNET/FTP (high recommended)
  2. Melakukan filter/pemblokiran akses remote login dari Internet/intranet.
  3. Memflash ulang firmware/rom dengan versi bawaan di website masing masing vendor.
  4. Mengganti Modem dari T*****M dengan modem ADSL yang tidak berlogo. Harga modem ADSL saat ini relatif murah (100rban)

Untuk detil langkahnya nya saya coba susulkan. Semoga ada waktu meriset beberapa perangkat modem tersebut.

Update 1 : 3 April 2012 pukul 12:13 WIB
Dari informasi Web Administration Help Modem TP-Link:

Administration
There is only one account that can access Web-Management interface. The default account is “admin”, and the password is “admin”. Administrator has read/write access privilege. In this web page, you can set new password for admin.

Pada kenyataannya ada account lain yang bisa mengakses Web-Management tersebut, dan tidak diinformasikan pada web administration. Sehingga akun lain (backdoor account) ini juga tidak dapat diganti/dirubah passwordnya via web administration
Backdoor Account di Modem Speedy 4.5 5 Admin Blog Selasa, 03 April 2012 Bagi kamu yang internetnya pakai speedy, perlu diwaspadai adanya backdoor. saya menemukan artikel keren, diartikel itu disebutkan adanya acc...


On : Selasa, 03 April 2012,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

Saya adalah Admin Blog penulis Backdoor Account di Modem Speedy di Si Copas Blog. Jika Artikel ini menarik silahkan Anda bagikan ke teman dan saudara Anda agar tahu info ini. Atau kalau mau pasang iklan, hubungi kami ya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar